Rapat Paripurna DPRD Kota Mojokerto Penyampaian LKPJ Walikota Mojokerto Tahun 2021

Oleh : Titin / ADV

MOJOKERTO, AMUNISINEWS.CO.ID – DPRD Kota Mojokerto gelar rapat paripurna dengan agenda Nota Penjelasan dan Summary Laporan Keterangan Pertanggungjawaban (LKPJ) Wali kota Mojokerto tahun 2021, Kamis (31/3/2022), bertempat di ruang rapat gedung DPRD Kota Mojokerto.

Bacaan Lainnya

Rapat paripurna dipimpin Ketua DPRD Sunarto di dampingi dua Wakil Ketua Sonny Basoeki Rahardjo dan Junaedi Malik, serta dihadiri Wali Kota Mojokerto, Ika Puspitasari, Jajaran Forkopimda, Kepala OPD serta beberapa anggota DPRD Kota Mojokerto.

Wali Kota dalam sambutannya menyampaikan bahwa capaian indikator kinerja tahun 2021 Pemerintah Kota (Pemkot) Mojokerto sudah melampaui target akhir RPJMD Kota Mojokerto tahun 2018-2023, yakni sebesar 102,77%.

“Berdasarkan capaian indikator kinerja pembangunan Kota Mojokerto yang telah dipaparkan, dapat dipastikan ada kemajuan pembangunan yang dicapai pada tahun 2021, termasuk peningkatan kesejahteraan masyarakat secara memadai,” ucapnya.

Dari 9 indikator kinerja yang disampaikan Wali Kota, rata-rata capaian indikator kinerja pada tahun 2021 sebesar 109,22% dengan rincian 8 indikator telah terlampaui targetnya dan 1 indikator yaitu indeks reformasi birokrasi yang belum ada nilainya, karena masih menunggu rilis dari Kemenpan-RB.

“Selanjutnya apabila dibandingkan dengan target akhir RPJMD tahun 2023, maka capaian rata- rata indikator tujuan hingga saat ini sebesar 102,77% atau sudah melampaui dibandingkan dengan target akhir RPJMD Kota Mojokerto tahun 2018-2023,” jelas Wali Kota.

Kemudian, terkait rekomendasi DPRD Kota Mojokerto, dikatakan Ning Ita sapaan akrab Wali Kota, pada tahun 2021 Pemkot Mojokerto sudah menindaklanjuti 17 rekomendasi DPRD terkait penyampaian LKPJ Wali Kota Mojokerto tahun 2020 lalu.

“Rekomendasi tersebut telah ditindaklanjuti melalui penyusunan perencanaan pada tahun 2021 dan tahun berikutnya, kemudian kami tindak lanjuti melalui penyusunan anggaran pada tahun 2021 dan tahun berikutnya, serta kami tindak lanjuti melalui penyusunan peraturan daerah, peraturan Kepala Daerah, dan/atau kebijakan strategis Kepala Daerah,” terangnya.

Pada kesempatan ini, Ning Ita juga menyampaikan ada 22 prestasi yang telah dicapai oleh Pemerintah Kota Mojokerto selama tahun 2021 baik di tingkat regional maupun nasional.

“Diantaranya, Unit penyelenggaraan pelayanan publik kategori sangat baik dari Kemenpan-RB kepada Dispenduk capil, Unit penyelenggaraan pelayanan publik kategori sangat baik dari Kemenpan-RB kepada DPM PTSP, Penghargaan perencanaan pembangunan daerah terbaik 3 di Provinsi Jawa Timur dari Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional (BAPPENAS), Penghargaan Kota Layak Anak dari Kementerian Pemeberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Opini WTP lima kali berturut-turut dari kementerian Keuangan, Penghargaan pemerintah daerah dengan predikat terbaik dalam penanganan covid 19 tahun 2021 dari Provinsi Jawa Timur, Penganugerahan IGA tahun 2021 dengan predikat Terinovatif dari Kemendagri, Penghargaan WBK Wilayah bebas dari korupsi dari Kemenpan-RB dan masih banyak lagi,” beber Ning Ita.

Pos terkait