Sawah di Lokasi Eks Tambang Timah Binaan Koramil Sungailiat Dipanen

  • Whatsapp

IMG-20170710-WA0010

BANGKA,AMUNISINEWS.COM– Seluas kurang lebih 4 Ha, sawah binaan dari Serda Nurrahman Babinsa Koramil 413-09/Sungailiat di kelurahan Sinar Jaya yang letaknya di lokasi eks tambang timah, Senin (10/07/17) dilaksanakan panen perdana oleh Danrem 045/Garuda Jaya Kolonel Inf Abdurrahman di kelurahan Sinar Jaya Kec. Sungailiat Kab. Bangka.

Sebagai gambaran, bahwa lahan eks tambang timah sebetulnya sangat sulit untuk dikembangkan sebagai pertanian, apalagi untuk areal persawahan. Dibutuhkan keuletan dan modal nekad bagi petani yang mengolahnya. Namun berkat dorongan semangat Babinsa Serda Nurrahman yang selalu mendampingi para petani, akhirnya para petani juga bersemangat untuk mengolah sawah di Jelutung tersebut. Walaupun tidak jarang mengalami kegagalan, tetap semangat.

Dalam arahannya Kolonel Inf Abdurrahman menyampaikan bahwa peranan dari anggota TNI hanyalah sebatas pendampingan dan memberikan motifasi serta spirit kepada para petani. Petugas Babinsa di lapangan tidak dapat memberikan arahan secara teknis karena memang para Babinsa tidak memiliki ilmunya.

Dalam sambutannya, Gubernur Babel dimana disampaikan oleh Asisten bidang Ekonomi dan kesejahteraan Rakyat menyampaikan supaya kita merubah mainseet masyarakat dari pertambangan menjadi bertani. Dulu sebelum tambang diijinkan dalam masyarakat kita, kehidupan orang tua kita adalah petani-petani yang tangguh.

Bupati Bangka H. Tarmizi dalam sambutannya mengatakan bahwa kabupaten Bangka sedang menuju swasembada pangan, pendapat sebagian orang itu sulit. Namun dengan ilmu segala sesuatu tidaklah sulit, paling tidak kabupaten Bangka dapat memenuhi kebutuhan 50 persennya saja sudah bagus. Kedepan perang tidak lagi memperebutkan minyak lagi, namun memperebutkan air dan makanan, sesuai paparan dari Panglima TNI.

Kalau tidak dipersiapkan dari sekarang mau bagaimana lagi kedepan. Banyak lahan eks tambang di Kab. Bangka mungkin sekitar 50 ribu Ha, kalau bisa tanam padi semua itu untuk reklamasi.

Dalam panen di kelurahan Sinar Jaya Danrem didampingi oleh Komandan Kodim 0413/Bangka Letkol Inf Daniel SP Lumbanraja, Kasiter Rem 045 Mayor Inf Suhardi, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Provinsi Kepulauan Babel Toni Batubara, Kepala BPTP Prov, Kepala Dinas Pertanian dan Peternakan Kabupaten Bangka Kemas Arfani dan anggota kelompok tani Kelurahan Sinarjaya kabupaten Bangka..(marwan/herman)

Pos terkait