Sebagai Bentuk Pengabdian Kepada Masyarakat FHISIP-UT Jakarta Kunjungi Pemdes Tonjong, Kecamatan Tajurhalang

Oleh : Lambas

BOGOR, AMUNISINEWS.CO.ID – FHISIP- UT kunjungi pemerintahan Desa Tonjong dalam rangka program pengabdian kepada masyarakat, yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa, Kamis (17/5).

Bacaan Lainnya

FHISIP-UT dalam kunjungannya mengusung 10 prodi diantaranya:

1. Peningkatan peran BUMDES dalam mendorong perekonomian.
2. Peningkatan kompetensi pembuatan laporan keuangan dan perpajakan.
3. Peningkatan multi talenta tata kelola administrasi kearsipan dan manajemen pelayanan prima.
4. Peningkatan tata kelola pemerintahan berbasis elektronik.
5. Peningkatan pemberdayaan wisata Situ Tonjong.
6. Peningkatan sosialisasi pelestarian Situ Tonjong.
7. Peningkatan multi talenta tata kelola administrasi kearsipan dan manajemen.
8. Peningkatan kompetensi komunikasi aparatur desa untuk optimalisasi pelayanan publik.
9. Peningkatan bantuan hukum pendaftaran tanah dan penyelesaian sengketa pertanahan.
10. Peningkatan pengembangan perpustakaan keliling sebagai sarana penunjang pendidikan.

Dalam sambutannya Nur Hakim selaku Kepala Desa mengucapkan puji syukur atas kunjungan FHISIP-UT (universitas terbuka).

“Terima kasih banyak untuk kunjungannya dan mohon maaf bila ada kekurangan dalam penyambutan, saya berharap adanya kunjungan ini dapat dimanfaatkan oleh masyarakat Tonjong khususnya, terutama jajaran pengurus BUMDESnya,” kata Nur Hakim.

Kades juga tak lupa mengingatkan, khususnya bagi yang hadir supaya benar-benar memperhatikan dan menyimak apa yang dipaparkan oleh narasumber karena tentu saja itu akan menambah wawasan dan sumber daya manusia bagi semua.

“Semoga dengan adanya kunjungan ini kedepannya desa Tonjong akan lebih baik dalam pembangunan maupun SDM-nya serta dapat meningkatkan perekonomian masyarakat,” harap Kades.

Pemerintahan desa Tonjong, tampaknya juga siap bersinergi sampai program ini berakhir di tahun 2023.

Sementara itu, Asman Suparman selaku Ketua BPD, pun mengucapkan terima kasih kepada tim FHISIP-UT.

Berhubung dalam program kunjungan tersebut fokus ke BumDes, Asman menjelaskan jika BumDes baru di restruktur 1 tahun yang lewat dan sudah ada progres.

“BUMDES, direstruktur baru setahun dan sudah ada progres, dan punya dua program yaitu: Pasar Rakyat dan PPOB, kedua program ini tak lepas dari hasil monitoring dan kesepakan bersama dengan melihat kebutuhan masyarakat pada saat ini, namun semua itu tidak akan berjalan sesuai dengan perencanaan jika tidak didukung oleh kepala desa,” lanjutnya.

Untuk itu, beliau berharap supaya Kades dapat berkoordinasi dengan jajarannya melalui ketua RW dan RT dalam mengarahkan masyarakat.

Sementara Kuncoro selaku ketua tim dari rombongan, juga mengucapkan banyak terima atas penyambutannya, sambil menjelaskan jika rombongan mereka terdiri dari 10 orang pengajar dan 4 orang mahasiswa. “Semoga kunjungan ini berjalan sesuai yang kita harapkan,” ucapnya.

“Sebagai dosen kita mempunyai tugas sebagai pengajar, peneliti, dan mengabdi kepada masyarakat, dan kunjungan ini merupakan pengabdian kami kepada masyarakat untuk meningkatkan SDM demi peningkatan perekonomian masyarakat Tonjong khususnya dan semoga ini dapat berjalan sesuai dengan yang diharapkan,” tutup Kuncoro.

Pos terkait