Serba – Serbi, Tahi Lalat

  • Whatsapp
dr Marrietta Sugiarti Sadeli

RUBRIK KESEHATAN
Oleh: dr. Marrietta Sugiarti Sadeli    copy-of-dr-marrietta-sugiarti-sadeli

Hampir seluruh manusia pasti memiliki tahi lalat di permukaan tubuhnya. Tahi lalat adalah bintik berwarna cokelat sampai kehitaman di atas permukaan kulit yang terbentuk dari pengelompokan sel penghasil zat warna pada kulit. Ada ber-macam-macam bentuk tahi lalat, yaitu bulat, lonjong, menonjol, atau datar. Permukaan tahi lalat juga bermacam-macam, ada yang halus atau kasar, dan ada beberapa yang ditumbuhi rambut.

Orang yang memiliki warna kulit lebih terang biasanya akan memiliki tahi lalat lebih banyak daripada mereka yang memiliki kulit gelap. Seseorang dapat lebih mudah memiliki tahi lalat jika sering terpapar sinar matahari.
Rata-rata orang memiliki 10 – 40 tahi lalat di tubuhnya. Kebanyakan tahi lalat adalah bawaan lahir, tetapi ada juga yang baru muncul setelah lahir. Sebagian besar tahi lalat muncul selama 20 tahun pertama kehidupan, meskipun ada juga yang terus berkembang hingga usia 40-an. Namun, biasanya sebagian tahi lalat menghilang seiring bertambahnya usia.
Pada umumnya, sebagian besar tahi lalat bersifat jinak dan tidak berbahaya. Namun tahi lalat juga dapat berubah sifat menjadi ganas (kanker kulit) yang disebabkan karena dasar tipe kulit yang dimiliki dan paparan sinar ultraviolet (UV) matahari. Bila sudah berubah menjadi kanker kulit, tahi lalat ini berbahaya karena dapat menyebar dan merusak jaringan sekitarnya. Itulah mengapa sangat penting untuk mendeteksi perubahan tahi lalat menjadi kanker kulit sejak dini.

Berikut ciri-ciri tahi lalat yang berbahaya :
1. Bentuk yang tidak beraturan
2. Batas yang tidak teratur
3. Perubahan warna pada tahi lalat
4. Diameter lebih besar dari 6 milimeter
5. Muncul tanda dan gejala baru, seperti rasa gatal dan atau    perdarahan
Bila terjadi perubahan pada tahi lalat seperti ciri – ciri yang disebutkan di atas, segeralah periksakan diri ke dokter

Semoga bermanfaat

 

 

Oleh: *red/lik

Pos terkait