Sosialisasi Pemanfaatan Laboratorium Bidang PU dan Penata Ruang Provinsi Papua Tahun 2017

  • Whatsapp
Ketua Panitia, Edward Watopa,ST,MSi
Ketua Panitia, Edward Watopa,ST,MSi

NABIRE, AMUNISINEWS.COM–Dinas Pekerjaan Umum Kabupaten Nabire mengadakan kegiatan Sosialisasi Pemanfaatan Laboratorium Pengujian Mutu yang diselenggarakan di hotel mahavira 2 Nabire. Dilaksanakannya kegiatan ini yakni untuk memaksimalkan fungsi laboratorium guna menunjang kualitas fisik dalam pembangunan di kota Nabire.

Hadir dalam kesempatan ini Asisten III Nabire, Kepala Dinas Pekerjaan Umum, Kepala Dinas Bapeda serta peserta sosialisasi Pemanfaatan  Laboratorium Pengujian Mutu Material.

Dalam sambutan Bupati Nabire yang dibacakan oleh Asisten III, beliau berpesan agar Dinas Pekerjaan Umum sebagai Dinas terkait dapat mewujudkan pekerjaan konstruksi yang berkualitas dalam pembangunan nasional yang berwawasan lingkungan serta untuk menghindari terjadinya kegagalan bangunan kontruksi yang mengakibatkan kerugian atau gangguan terhadap keselamatan umum.

“Juga perlu ditetapkannaya peraturan daerah tentang pemanfaatan penggunaan laboratorium pengujian. Untuk itu diharapkan peran dan keterlibatan dari laboratorium pengujian yang bertujuan bukan hanya memperpanjang umur kontruksi tatapi juga meningkatkan kualitas pekerjaan sebagai bagian dari pelayanan pemerintah kepada masyarakat,” imbuhnya.

Begitu pula dalam laporannya, Ketua panitia  Edward Watopa ST M.Si kepada wartawan AMUNISI mengharapkan kepada para peserta sosialisasi agar sepulang dari kegiatan ini, mereka telah memahami tata cara penerbitan izin usaha Jasa kontruksi serta dapat menyadari pentingnya kualitas suatu pekerjaan di lapangan apakah telah sesuai standar dan spesifikasi yang direncanakan seperti mendeteksi tanah, bangunan, dll.

“Karena dalam membangun suatu gedung, harus dilakukan uji coba kelayakan terlebih dahulu, apakah gedung tersebut sudah memenuhi syarat ketentuan yang berlaku atau belum,” tegasnya.

Kepala PU Nabire Otto Iskandar kepada wartawan mengatakan, bidang tersendiri yaitu litbang yang mengurusi laboraturium.

“Kita perlu penambahan peralatan yang baru, uji beton, uji jalan termasuk termasuk uji air, kita akan optimalkan dilaboraturium pu yang kita punya. Harapan kami kepada masyarakat dan pihak ketiga yaitu kontraktor yang sudah membangun supaya lebih teliti  pembangunanannya. Target 2018, kita sedang mengusulkan uji peralatan yang kita perlukan dan peningkatan  SDM  kita khususkan ke Bandung atau pun ke Jayapura. (Rahman)

Pos terkait