Pemdes Rancaiyuh Salurkan Sertifikat Tanah Program PTSL Yang Sudah Jadi

Oleh: Edy Tanjung

KAB TANGERANG, AMUNISINEWS.CO.ID – Pemerintahan Desa Rancaiyuh, Kecamatan Panongan, Kabupaten Tangerang, Banten, pada 23 Januari 2022 telah menyalurkan sebanyak 244 surat Sertifikat melalui Pendaftaran Tanah Sistematis Lengkap (PTSL).

Bacaan Lainnya

Kepala Desa Rancaiyuh, Suherman, mengatakan penyaluran sertifikat ini merupakan program percepatan yang dilakukan Pemerintah melalui Kementerian ATR/BPN (Agraria dan Tata Ruang/Badan Pertanahan Nasional). Pendaftaran Sertifikat pertama kali guna menghindari sengketa tanah di kemudian hari.

Untuk lokasi tanah yang menjadi mendapatkan prioritas PTSL, terang Kades Rancaiyuh, meliputi hampir merata di seluruh wilayah desa dan ada hampir di setiap wilayah RT. Sedangkan untuk lamanya proses sekitar 8 bulan dengan biaya gratis.

“Program PTSL dimaksudkan untuk pendaftaran pertama kali atas tanah yang belum memiliki surat hak milik. Pada 2020 kuota yang untuk Desa Rancaiyuh sebanyak 375 surat. Untuk tahap pertama di tahun 2021, ada sebanyak 305 surat tanah yang sudah kita salurkan, dan pada tahap kedua ini ada sebanyak 244 surat yang disalurkan,” jelasnya.

Setelah dicek dan diproses kelengkapan persyaratannya, jadilah suratnya dan Pemerintahan Desa tinggal menyalurkan suratnya saja. Dari pantauan media ini, kegiatan yang berlangsung di aula Desa Rancaiyuh berjalan dengan lancar.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.