Terkendala Harga Tinggi, Tim Sergab Tetap Beli Gabah ke Para Petani

  • Whatsapp

sergab- jatim

Kegiatan jajaran Kodim 0816/ Koramil 0816/06 Tanggulangin di Masyarakat Serap Gabah Petani

SIDOARJO,AMUNISINEWS.COM-  Tim Satgas Sergab Koramil 0816/06 Tanggulangin dan Sergab Bulog Sub Drive Sidoarjo melaksanakan Sergab (Serab Gabah) petani.Terkendala masalah harga yang tinggi tidak membuat niat tim sergab untuk menyerah.Meskipun terkendala permintaan harga gabah petani yang tinggi, tim Sergab Koramil 0816/06 Tanggulangin yang dipimpin langsung oleh Danramil 0816/06 Tanggulangin Kapten Inf. Dwi Umiyanto tetap giat melakukan pendekatan bersama Mantri Pertanian Kecamatan dan PPL kepada para Gapoktan/ Poktan maupun petani di wilayah Kecamatan Tanggulangin kemarin

Seperti kegiatan yang digelar oleh Satgas Sergab Koramil 0816/06 Tanggulangin bersama Bulog Sub Drive Sidoarjo yang diwakili Bapak Cecep dan Sdr Yoga, dalam periode bulan Maret 2017 Koramil 0816/ 06 Tanggulangin yang sebelumnya telah berkoordinasi dengan Mantri dan PPL selain itu bersama sama mendatangi kelompok tani di beberapa desa diantaranya Desa Kalisampurno, Kedensari, Ketapang, Gagang Panjang, Boro, Ketegan dan Randegan  di kecamatan Tanggulangin Kabupaten Sidoarjo beberapa hari kemarin.

Akhirnya tim Sergab,Satgas bersama Tim Sergab Bulog Drive Bulog Sidoarjo berhasil menyerap gabah petani dengan harga yang disepakati bersama Rp 3.700,- dengan KA maks 30% dan KH 15%. diantaranya di :Desa Kalisampurno An. H. Takim dr Poktan ” Tani Makmur” Alamat : Rt 02 Rw 09, Jumlah gabah yang disergab 2,326 ton harga GKP Rp 3.700/ Kg. Desa Kedensari An. Bpk Kartono dari Poktan “Wilujeng 2” alamat Rt 05 Rw 08, Jumlah gabah 1,7 ton harga GKP Rp 3.700/ Kg.Dan Desa Ketapang An. Bpk Iskandar dari Poktan “Rahayu”  Alamat : ds ketapang Rt 11Rw 03 kec, Jmlh gabah yg disergab : 3 ton harga GKP : 3700/kg,serta Desa Gagang Panjang An. Sarjiin dari Gapoktan : Mekar Tani alamat Rt 16 Rw 04 Jumlah gabah : 1,7 ton harga GKP Rp 3.700/ Kg.

Kapten Inf Dwi Umiyanto Danramil 0816/06 Tanggulangin kepada wartawan Minggu (26/3) mengatakan,  merasa bangga kepada anggota Satgas Sergab yang yang turun ke masyarakat, sebab telah bekerja keras untuk membantu Petani dalam menyalurkan hasil panen padinya ke Bulog meskipun belum maksimal hasilnya. “Namun demikian kami akan tetap berusaha semaksimal mungkin supaya sesuai dengan harapan Pemerintah yaitu melaksanakan penyerapan gabah oleh Bulog sesuai Permentan baru,” tuturnya.

Sementara itu seluruh petani yang hasil panennya di beli oleh tim sergab merasa bangga, karena hasil panen mereka bisa dibeli oleh Bulog sebagai badan / lembaga yang dipercaya untuk membeli gabah/ padi petani dengan harga yang pantas,ujar para petani.

Untuk itu Kapten Inf. Dwi Umiyanto juga menghimbau, bagi petani supaya tetap bekerja keras dalam bertani sesuai kondisi alam agar hasil panen ke depan dapat lebih meningkat lagi dan bagi Mantri Pertanian Kec dan Penyuluh (PPL) tetap selalu mendampingi petani secara inrensif.Diharapkan baik dari Pemerintah dalam rangka mewujudkan Program Swasembada pangan bisa tercapai. “Bahkan kalo bisa kita mengexpor hasil pertanian dari tetani kita,” pungkas Danramil kepada wartawan kemarin (tama)

 

 

Pos terkait