Tingkatkan Hasil Panen, Kodim 0816 Terapkan ” Jajar Legowo” kepada Kelompok Tani

  • Whatsapp
tni tanam padi-jatim
Forkopimda,Forkopimka Beserta Dandim 0816 Sidoarjo Letkol.Inf.Fadly Mulyono Berikan Pelatihan Petani

SIDOARJO,AMUNISINEWS.COM – Dalam rangka pengembangan tanaman pangan,Teknologi Budi Daya Tanaman dan Hortikultural di tahun 2017 , Jajaran Kodim 0816 Sidoarjo bersama Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan memberikan pelatihan cara tanam padi ,”Jajar Legowo,” Selasa (16/5) kepada para petani melalui kelompok tani yang ada di desa Wonoplintahan khususnya se Kecamatan Prambon.

Joko Setyanggono Kades Wonoplintahan kecamatan Prambon menyampaikan terima kasih yang tak terhingga pada Forkopinka,Forkopimda dan Komandan Kodim 0816 Sidoarjo Letkol. Inf Fadly Mulyono juga ibu Camat Ainun Amalia, yanng bisa meluangkan waktunya demi warga dan juga para petani di desa Wonoplintahan.

“Dengan adanya pembinaan di bidang pertanian semoga para petani di desa kami  bisa mendapatkan hasil yang meningkat terutama di bidang pertanian, maka perekonomian desa Wonoplintahan akan  meningkat juga ,”ucapnya.

Letkol.Inf Fadly Mulyono Komandan Kodim 0816 Sidoarjo kepada wartawan Selasa (16/5)mengatakan, giat ini merupakan pelatihan cara tanam Jajar Legowo,’’semua batang padi bisa berada di tepi sehingga padi dapat berkembang subur.

Diharapkan kepada buruh tani  yang pertama memberikan pengetahuan baru kepada buru tani supaya mereka punya pengetahuan pemahaman ketrampilan untuk menanam padi  Jajar Legowo,yang ke dua bagi pemilik sawah produktifitas diharapkan meningkat.

“Karena proses tanamnya lebih cepat dari pada yang biasa,seumpama satu hari kalau cara lama 1-2 petak ini sampai 3-4 petak.Dan hasil panennya padi itu tertata, asupan rumusnya bisa langsung ke tanaman hasilnya juga lebih melimpah,” tutur Dandim

Fadly menambahkan,kegiatan di kecamatan Prambon  bersama Dinas Pertaniaan kita pendampingan, 10 orang dari Kodim dan dari para petani 4 orang per kecamatan dari 6 kecamatan,semua 4 kelompok tani, jadi kurang lebih 100 orang petani.Karena ini program dari dinas pertanian sebab Prambon sebagai pilot projecknya 12 kecamatan lainnya di Sidoarjo.

Harapannya bagi  petani ,memahami keuntungan dari cara tanam jajar legowo agar produksifitas lebih bagus.Dan bagi para buruh tani mereka akan meningkat kesejahteraannya karena biasanya satu hari 1-2 petak bisa menjadi 3-4 petak.Bagi pemilik  sawah biasanya 7 ton bisa 11-12ton.

“Karena ini tugas TNI mendampingi program upaya khusus TNI kepada para petani,mulai dari proses tanam supaya mereka mendapatkan hasil panen yang  lebih,”pungkasnya.(tam)

 

Pos terkait