Tumbuhkan Kedisiplinan dan Kebangsaan Perangkat Desa Ikuti PBB

  • Whatsapp
baris berbaris- tama
Perangkat desa baru ikuti PBB dan pendalam materi Kebangsaan

SIDOARJO,AMUNISINEWS.COM – Sentot Kunmardianto,SH,MM Camat Buduran, mengatakan pejabat yang baru dilantik melalui penjaringan mendapat pelatihan baris berbaris (PBB). Ini dilakukan dalam rangka kiat dan inovatif guna mendisiplinkan perangkat desa yang terpilih melalui penjaringan tersebut.

Namun dari sebanyak 15 desa yang melaksnakan dan ikut yang PBB 12 desa dan itu dilaksanakan di lapangan Pager Wojo. “Kita ingin membentuk aparatur desa yang tangguh,cerdas dan mempunyai dedikasi tinggi.Orang pintar itu banyak dia sudah melalui penjaringan berarti dia sudah secara akademi dia lolos  melalui banyak pesaing,” katanya.

PBB ini dilatih oleh Kapolsek (anggota polsek) dan Danramil 42 0rang dibagi dua peleton. “Bukan hanya PBB kita membentuk loyalitas inilah yang kita tekankan siapapun yang memimpin dia itu harus loyal kepada pimpinan ataupun seniornya biarpun dia sarjana,” ujarnya.

Sekarang banyak perangkat baru tanpa melalui proses pelatihan yang kurang mumpuni namun dia juga tidak loyal dan tidak mempunyai rasa hormat kepada senior. “Tentunya 40 orang ini saya didik menjadi aparat yang tangguh, trengginas dan bertanggung jawab mempunyai dedikasi tinggi sesuai dengan tugasnya masing-masing mulai tanggal 10 sampai 20 Juli 2017,” ujarnya.

Sentot menambahkan,materinya juga ada Kebangsaan supaya dia tahu NKRI itu bagaimana. “Pancasila juga kita tekankan dengan narasumber dari Kapolsek dan Koramil serta Kecamatan.Dan itu semua akan kita rangkum dalam waktu yang singkat.Dari mereka banyak yang masih muda,baru lulus kuliah rata-rata usia 25 tahun,kalau mereka tidak kita beri bekal yang cukup saya kuatir nanti seenaknya dia,disiplin itu harus,” pungkas Sentot.

Sementara Andri Suharmadi PJ Kades Sidomulyo Selasa (18/7) mengatakan, ini salah satu upaya yang menumbuhkan dan meningkatkan kedisiplinan terhadap perangkat baru. “Ya Peraturan Baris Berbaris (PBB) disitu bertujuan untuk meningkatkan disiplin agar perangkat desa yang terpilih dan sudah dilantik  itu siap melaksakan tugas-tugas di pemerintahan yang ada di desa.Karena di dalam perangkat itu sendiri tidak seperti PNS di pemerintahan.Apa yang dilakukan itu biar ada kesamaan dalam bekerja dan ada rasa tanggung jawab.Serta bagaiman bisa melaksanakan tugas yang diberikan dan diembannya dimana kalau PNS ada semacam pelatihan ataupun diklat,” terangnya.

Masih menurut Andri,dalam melaksanakan tugas agar apa yang dilakukan itu disiplin dan ada tanggung jawab sesuai dengan atura-aturan yang ditetapkan oleh pemerintah baik itu perbub,perda maupun aturan yang lain yang mendukung kedisiplinan perangkat desa.

“Disamping  PBB dari segi fisik, juga ada bimbingan yang ada narasumber dilakukan pembinaan-pembinaan sifatnya pengetahuan yang harus mereka terima untuk ketahui,” ujar Andri Suharmadi,S.Sos Kasi Perekonomian Kecamatan Buduran yang menjabat  PJ Kades Sidomulyo yang mengiikutsertakan Sekdes, Kasi kesra dan kasi pemerintahan di desanya yang baru, juga turut dalam PBB tersebut. (tam)

 

Pos terkait