Untuk Tingkatkan Pelayanan, Polresta Manado Jalin Kerjasama Dengan Bank BRI Cabang Manado

Oleh : Supardi Lihawa

MANADO, AMUNISINEWS.CO.ID – Dalam meningkatkan pelayanan publik dan mengimplementasikan sistem pembayaran non tunai di wilayah kerja Polri, PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Cabang Manado bersama Kepolisian Resor (Polres) Kota Manado menggelar acara penandatanganan Perjanjian Kerja Sama dan Launching QRIS (Quick Response Code Indonesian Standard) Layanan SIM SATPAS Polresta Manado, Kamis (14/4/22).

Bacaan Lainnya

Hadir dalam acara tersebut, Kapolresta Manado, Kombes Pol Julianto P Sirait, S.H.S.I.K, Wakapolresta Manado, AKBP Faisol Wahyudi SIK, Kasatlantas Manado, Kompol Benyamin Noldie Undap S.Sos dan Pimpinan Cabang BRI Kota Manado, Purwanto beserta jajaran managemen BRI.

Dalam kesempatan tersebut. Kapolresta Manado, Kombes Pol Julianto P Sirait mengatakan bahwa kemajuan teknologi saat ini menyebabkan terciptanya sebuah tatanan baru yang berpengaruh pada pelaksanaan tugas Polri terkait layanan publik di Kota Manado. Terlebih lagi pada masa Pandemi Covid-19, tentunya seluruh layanan publik harus di jalankan secara digital. Termasuk untuk pembayaran SIM. Sehingga, dianggap perlu untuk melakukan kerjasama dengan BRI Cabang Manado agar bisa menggunakan QRIS BRI untuk pembayaran SIM.

“Kerjasama ini untuk mewujudkan layanan publik yang lebih transparan di era 4.0, juga sejalan dengan Keputusan Pepres Nomor 3 tahun 2021 serta mewujudkan layanan Polri yang lebih modern, ” jelas Kapolres.

Julianto yakin, sistem pembayaran menggunakan QRIS ini bisa lebih efisien dan tersistem yang bisa mempersempit terjadinya KKN dan menurutnya, Polresta Manado adalah satu-satunya Polresta di Sulawesi Utara yang menerapkan sistem pembayaran SIM Non Tunai secara digital.

“Ini adalah bentuk kebanggan buat kita. Kami juga berterima kasih kepada pihak BRI Cabang Manado telah menyambut baik kerjasama ini. Semoga sinergi kita akan terus berjalan baik kedepannya,” tegas Kapolres.

Di kesempatan yang sama, Purwanto selaku Pimpinan Cabang BRI Manado menerangkan secara detil keunggulan QRIS dan menurutnya QRIS adalah alat pembayaran yang diluncurkan BI, yang memberikan banyak manfaat untuk pembayaran yang cepat dan juga aman.

“Terima kasih karena sudah percaya kepada BRI dan BRI memiliki aplikasi BRIMO. Jadi hanya dengan menggunakan BRIMO tinggal scan barcode QRIS, pembayaran bisa dilakukan dengan cepat dan aman,” terang Purwanto.

Selain itu, Purwanto juga mengatakan bahwa kerjasama tersebut bisa sampai pada tahap KUR (Kredit Usaha Rakyat).

“Kami juga punya KUR untuk usaha. Jadi anggota Polresta Manado yang punya usaha dan butuh pembiayaan bisa ajukan KUR di BRI,” pungkasnya.

Pos terkait