Wacana Transportasi Sungai, PSI: Kita Masih Banyak PR

Oleh: Irman

SURABAYA-AMUNISINEWS.CO.ID-Transportasi sungai masuk dalam Master Plan Transportasi Surabaya 2020-2040. William Wirakusuma, anggota komisi C DPRD Kota Surabaya mendukung rencana tersebut dan menyampaikan progres kesiapan surabaya jelang tutup buku 2021 ini.

“Masih banyak PR yang perlu dikerjakan di tahun mendatang. Rencana terdekat aktivasi jalur Perak-Keputran juga masih perlu banyak persiapan. Berdasarkan turun lapang kemarin masalah seperti pendangkalan, pengadaan prasarana, dan kebersihan sungai masih banyak ditemukan” Ungkap anggota fraksi PSI tersebut.

Sebelumnya memang ada wacana untuk mengaktifkan kembali jalur Perak-Keputran melalui Kali Mas. Jalur ini rencananya dimanfaatkan baik untuk angkutan logistik maupun angkutan orang.

“Kalau sungainya dangkal, ukuran perahu yang lewat akan sangat terbatas. Selain itu juga rawan kerusakan mesin dan kecelakaan. Terutama sungai di hilir utara, sisi-sisinya sudah banyak ditumbuhi rumput tandanya sangat dangkal” Lanjut William.

Meskipun begitu, William menyampaikan bahwa sudah ada beberapa progres pekerjaan yang berjalan tahun ini seperti wisata air dan pemasangan tempat labuh kapal. Wisata air Kali Mas saat ini sudah ada dua rute yaitu Monumen Kapal Selam-Taman Prestasi dan Taman Prestasi-Museum Pendidikan.

“Wisata air ini penting untuk sosialisasi dan kampanye transportasi sungai karena sudah lama hiatus. Tentunya bisa membuka lapangan kerja dan menambah PAD juga”

“Jika mau serius, prasarana seperti rambu-rambu dan tempat labuh kapal harus diperbanyak. Lalu yang paling penting adalah menyiapkan cara untuk mengatasi pendangkalan sungai”, pungkasnya.

Diketahui tahun depan telah dianggarkan hampir 3 miliar dari APBD untuk perbaikan transportasi air ini.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.