Wakil Bupati Berikan Kuliah Umum Dipoltek

  • Whatsapp
nunukan-2
Wakil Bupati saat memberikan kuliah umum

AMUNISINEWS.COM, NUNUKAN-Meski di tengah kesibukannya sebagai seorang Wakil Bupati (Wabup)Kabupaten Nunukan,Kalimantan Utara (Kaltara) Namun,Ir.H.Faridil Murad,SE.MT tetap menyempatkan dirinya memberikan ilmu pengetahuan kepada para mahasiswa Pendidikan  di luar domisili (PDD) Polteknik Negeri Nunukan belum lama ini.

Wabup Saat memberikan kuliah umum yang berjudul peranan Sumber Daya Manusia (SDM)berkualitas dalam usaha mengisi pembangunan wilayah perbatasan,ia menyampaikan bahwa,kondisi perbatasan yang saat ini menjadi tugas Pemerintah Kabupaten(Pemkab) Nunukan. Seperti kondisi kawasan perbatasan,isu strategi pengembangan kawasan perbatasan, peran dan kebutuhan Sumber Daya Manusia (SDM) yang dimiliki.“Kondisi perbatasan saat ini wajib diketahui mahasiswa. Karena,sebagai penghuni perbatasan, mahasiswa sangat diharapkan menjadi penerus dan merawat pembangunan yang dilakukan selama ini,” kata Faridil di hadapan sejumlah mahasiswa Poltek Nunukan yang hadir.

Lebih lanjut kata H.Faridil Murad, pengembangan pembangunan selama ini cenderung berorientasi inward looking sehingga seolah-olah kawasan perbatasan hanya menjadi halaman belakang dari pembangunan negara.

Untuk itu menurut H.Faridil Murad, orientasi tersebut dirubah menjadi Outward Looking untuk menjadi halaman depan dari pembangunan Sehingga dapat dimanfaatkan sebagai pintu gerbang aktivitas ekonomi dan perdagangan dengan negara tetangga.“Pendekatan pembangunan yang dilakukan, selain menggunakan pendekatan bersifat keamanan juga diperlukan pendekataan kesejahteraan, pendidikan dan keamanan lingkungan,” jelas Faridil ke mahasiswa.

Sedangkan untuk SDM kata Faridil,sangat penting dalam proses pembangunan khususnya dalam kawasan perbatasan.”Sebab,dengan SDM yang unggul merupakan modal dalam proses pembangunan kawasan perbatasan dan menciptakan bangsa yang kuat serta negara yang makmur.“SDM yang tangguh dan berkualitas, baik secara fisik maupun mental akan berdampak positif terhadap kemandirian bangsa dalam pembangunan kawasan perbatasan,”terangnya.

Masih menurut Wakil Bupati Nunukan bahwa, pembangunan kawasan perbatasan memiliki nilai strategis untuk menjaga integritas wilayah dan kedaulatan negara,demikian pula untuk mewujudkan pembangunan yang merata dan berkeadilan.

Dalam kesempat tersebut,sejumlah mahasiswa juga diberikan kesempatan menyampaikan pertanyaan terkait kondisi Pemerintahan Kabupaten(Pemkab)Nunukan,Baik soal menangani wilayah perbatasan maupun upaya peningkatan Ekonomi masyarakat,termasuk tindakan dan upaya Pemkab terhadap PDD Poltek Negeri Nunukan tersebut. /hms/rdm.

 

 

Pos terkait