Wali Kota Pekanbaru DR H Firdaus MT Melepas Bus Vaksinasi Keliling di Halaman Mal Pelayanan Publik (MPP) Pekanbaru

  • Whatsapp

Oleh, Roy Hutabarat

PEKANBARU, AMUNISINEWS.CO.ID.- Pelepasan armada bus vaksinasi keliling yang dilaksanakan di depan halaman gedung Mall pelayanan publik (MPP) yang dipimpin langsung oleh Walikota Pekanbaru DR H Firdaus MT sebagai sarana operasional dilapangan dalam rangka memberikan kemudahan pelayanan bagi masyarakat yang ingin divaksin, sehingga masyarakat tidak susah lagi datang kerumah sakit.
Turut hadir dalam acara peluncuran bus vaksin keliling itu, Wakil Walikota Pekanbaru Ayat Cahyadi SSi, Asisten I Drs Azwan MSi, Kepala BPKSDM Baharuddin, Kasatpol PP Iwan Simatupang, Kepala Dinas PUPR Indra Pomi, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Ingot Hutasuhut, Kepala Dinas DPPPA Chairani. Kadisdik Dr Ismardi Ilyas. Kepala Balitbang Masykur Tarmizi SSTP MSi. Selain itu, Kepala Dinas Damkar, Burhan Gurning, Kepala Bappeda Ahmad Ismail, Plt Kadiskes dr Arnaldo Eka Putra, Ketua LPM Sarjoko serta Wakapolresta Pekanbaru AKBP M. Hasyim Risahondua, S.I.K.,M.Si.

Dalam sambutannya Walikota Pekanbaru DR H Firdaus ST MT menyampaikan “Mari kita bersama bersinergi untuk memerangi virus corona di Pekanbaru. Setiap warga taat Protokol Kesehatan (Proses) mematuhi 5M, Pihak pemerintah fokus dengan 3T, jelas Firdaus.

Lebih lanjut Firdaus menyampaikan tujuan diluncurkan bus vaksin keliling ini untuk sarana kendaraan operasional di lapangan dalam rangka memberikan pelayanan kemudahan bagi masyarakat yang ingin divaksin, sehingga masyarakat tidak susah-susah lagi datang ke rumah sakit yang ada. Selain itu, bus vaksin keliling ini juga akan stanbay di tempat-tempat yang telah ditentukan untuk disiapkan bagi masyarakat yang akan divaksin ” upaya pelaksanaan bus keliling ini kita adakan agar supaya mempermudah masyarakat untuk mendapatkan vaksin,sehingga masyarakat tidak perlu datang kerumahsakit ataupun ke puskesmas” ungkap Firdaus.
Dimana saat ini kondisi covid-19,Kota Pekanbaru masuk kategori peringkat nomor 1 diantara beberapa daerah yang ada di riau, sehingga Pemerintah Kota Pekanbaru berupaya keras untuk menekan angka penurunan penularan covid-19 tersebut.
” Dengan di adakannya bus keliling yang kita luncurkan ini kita berharap antusias masyarakat untuk ingin divaksin semakin tinggi, Masyarakat yang ingin vaksin cukup menunjukkan KTP kepada tim penanganan covid-19 ” ujar walikota.
Lanjut Firdaus, guna mencegah penyebaran covid-19 ini, maka perlunya kerjasama masyarakat dan pemerintah.’Masyarakat terus disiplin dengan menerapkan 5M (Memakai Masker, Mencuci tangan, Menjaga Jarak, Menjauhi Kerumunan dan Mengurangi Mobilitas di luar rumah) secara bersamaan.
Begitu juga, pemerintah terus fokus dalam pelaksanakan 3T (Testing, Tracing dan Treatment) serta persiapan vaksinasi Covid-19. Sehingga dengan adanya upaya dan kerjasama ini, maka diharapkan covid-19 bisa diatasi dengan cepat,’ tutur Firdaus.

Sementara itu, Kadishub Kota Pekanbaru Yuliarso SSTP MSi menjelaskan, bahwa lima bus yang digunakan untuk vaksinasi keliling semuanya sudah readi dan siap pakai. Karena sebelumnya, bus TMP ini belum pernah dipakai sejak diberikan oleh Kementrian Perhubungan disebabkan pandemi covid-19 yang melanda. ‘Ya untuk lima bus vaksin ini akan distanbaykan di beberapa lokasi yang ada di Pekanbaru.
Untuk teknisnya itu yang mengaturnya di Dinas kesehatan , karena kita hanya menyiapkan busnya saja. Intinya lima bus itu sudah aman dan readi untuk dipakai keliling Kota Pekanbaru,’ ujar Yuliarso.Sambung Yuliarso, untuk jam operasional bus keliling ini dimulai pukul 08 WIB hingga pukul 16.00 WIB.

Sementara itu, bus vaksin ini juga sudah dibranding’Jadwal operasional sudah ditentukan oleh tim penanganan covid-19.
Jadi nanti masyarakat yang akan divaksin silahkan datang ke lokasi yang telah ditetapkan. Kita juga ingin mempermudah warga untuk mendapatkan vaksin, karena mungkin ada yang sibuk bekerja atau mengurus rumah tangga. Dengan adanya bus vaksinasi covid-19 ini maka masyarakat bisa cepat untuk divaksin. Jadi masyarakat tinggal datangi saja dimana bus ini standby untuk divaksin,’ terang Yuliarso. (Adv)

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *