Warga Protes Tembok Tinggi Situ Rawa Kalong Menghalangi Rumah Mereka

Oleh: Yohanes Hutapea

DEPOK, AMUNISINEWS.CO.ID Warga Rt.02/08 kelurahan Curug Kecamatan Cimanggis Kota Depok yang berada di sekitar Situ Rawakalong merasa kecewa dan protes atas pembangunan tembok Situ yang menutupi rumah mereka. Kamis, (03/03/22).

Bacaan Lainnya

Berada di lokasi situ Rawakalong terlihat beberapa kepala keluarga yang terdampak akibat tembok pembangunan situ rawakalong yang menutupi rumah mereka menyampaikan bahwa dimana sirkulasi udara yang biasanya segar mereka nikmati kini jadinya tidak bebas mereka hirup, mereka menyesalkan pembangunan tembok yang begitu tinggi. “Kenapa pemerintah kurang berpihak kepada warga sekitar kami sudah sangat lama sekali tinggal di sini dan turun temurun. Kalo ditutup seperti ini bagaimana kita mau menambah uang dapur kita yang ada malah usaha saya ya gulung tikar karena tertutup tembok tinggi.” ucap Mpok Rodiah, kesal.

Hal senada juga disampaikan Mang Subuh warga sekitar yang rumahnya juga tertutup tembok betapa kesal dan kecewa kepada pemerintah. “Kok, tega mengabaikan kenyamanan warga sekitar, apalagi proyek ini kan di bangun dengan uang rakyat, seharusnya pemerintah lakukan pendekatan bukan hanya terima masukan secara sepihak saja,” tegas Subuh.

Syafie sesepuh warga sekitar juga menyampaikan keluhan, “seharusnya pemerintah mengajak warga urun rembuk agar tercapai hal yang baik dalam mengambil kebijakan pembangunan di sekitar Setu Rawa Kalong bukan malah merugikan. Kalau sudah berdiri tembok tinggi jelas ini merugikan warga yang ada di sekitar Setu, kami ingin pemerintah meninjau kembali agar warga juga bisa menikmati udara segar dan indahnya Situ Rawa Kalong serta dapat berusaha untuk menambah perekonomian keluarga dengan adanya pembangun tembok tinggi ini jelas, sirkulasi udara juga tidak apalagi sampai dikatakan daerah kumuh kasih dong solusinya,” ucap Syafie.

Menurut Jamil, ketika Gubernur Ridwan Kamil datang meninjau pembangunan situ Rawa Kalong, mengatakan bahwa “pemerintah setuju usulan warga agar pembatas antara tembok dengan situ tidak menutupi rumah warga untuk kesejahteraan warga sekitar begitu keterangan Gubernur, ke awak media ketika itu. Namun nyatanya rumah warga terhalang bangunan tembok tinggi, boro-boro kesejahteraan untuk rakyat, kita saja untuk menghirup udara segar saja susah dan pengab akibat tembok tinggi ini,” kesal Jamil di hadapan wartawan.

Disisi lain Hasbullah anggota DPRD Provinsi Jawabarat dari partai PAN dapil Depok menegaskan bahwa, seharusnya penbangunan situ untuk kesejahteraan terutama buat warga sekitar katanya lewat whatshaap.

Pengerjaan pembangunan untuk mempercantik situ Rawa Kalong hingga kini terus dikebut pemerintah dengan melakukan lukisan mural di tembok Situ Rawa Kalong yang dilakukan oleh komunitas mural Bandung selama 4 hari, dari tanggal 28 Februari sampai 3 maret 2022, hal ini di lakukan jelang peresmian Situ Rawa Kalong nanti.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.