Warga Desa Sawentar Tanam Pohon Pisang Di Tengah Jalan Rusak

Oleh : Dwi Armanto

BLITAR, AMUNISINEWS.CO.ID – Warga Dusun Tegal Rejo, Desa Sawentar, Kecamatan Kanigoro, Kabupaten Blitar, melakukan protes dengan menanam pohon pisang di jalan Desa yang rusak parah. Bentuk aksi protes dari warga tersebut, terjadi pada Minggu (17/04/2022 ) malam.

Bacaan Lainnya

Warga geram, pasalnya jalan yang rusak tersebut sudah sejak dua tahun lebih tak kunjung di lakukan perbaikan. Akibatnya seringkali menimbulkan kecelakaan.

Suharto (51 th), Seorang warga RT 02 / RW 13, yang rumahnya dekat dengan jalan yang rusak, kepada Amunisinews menceritakan mengenai kondisi yang ia ketahui, ia mengaku sudah beberapa kali melihat pengendara terjatuh.

“Sudah berulang kali pengendara celaka pak, jika cuaca panas lubang-lubang yang berisikan material batu dan kerikil dengan lebar mencapai satu meter dan kedalaman hingga limabelas sentimeter itu akan menimbulkan debu, dan jika hujan turun, akan terendam oleh air hujan. Akibatnya tidak terlihat oleh pengendara yang melintas, sehingga mereka sering terperosok dan terjatuh,” katanya.

Menurut Suharto, dirinya dan beberapa warga tak hanya sekali melakukan pengurukan dengan tanah atau penambalan dengan pasir dan semen. Namun karena kendaraan yang lewat cukup padat, menjadikan jalan kembali retak dan rusak lagi.

Dari hasil pantauan Amunisinews, pohon – pohon pisang yang di tanam berjajar di tengah jalan tersebut lokasinya hanya berjarak sekitar empat ratus meter dari sebelah selatan Kantor Desa Sawentar. Selain sebagai akses perekonomian warga setempat dan masyarakat luas, jalan rusak yang saat ini mirip seperti kebun pisang itu ruoanya sebagai jalan penghubung ke pusat Pemerintahan Kabupaten Blitar yang berada di Kanigoro.

Sementara itu, Kamituwo ( Pelaksana Kewilayahan yang merupakan unsur pembantu Kepala Desa) Tegal Rejo, Rudiono, yang saat itu berada di lokasi jalan rusak, menyampaikan harapanya kepada pihak terkait agar ada perhatian dengan segera melakukan perbaikan.

“Dengan kondisi seperti ini mudah-mudahan Pemerintah melalui pihak-pihak yang terkait segera melakukan perbaikan jalan. Apalagi posisi kami di sini tidak jauh dari Kantor DPRD dan sebagai Pusat Pemerintahan Kabupaten Blitar. Saya juga dengar dari obrolan warga, bahwa beberapa bulan yang lalu jalan ini juga sudah di tinjau oleh anggota DPRD, tapi hingga saat ini, jelang Hari Raya tidak juga ada kabar, kapan akan di pebaiki .” Urai Rudiono.

Pos terkait