Wujudkan Pertanian Maju, CMI Edukasi Petani Binaan tentang Modernisasi Alat Pertanian

Oleh: Dedi Sumarni

MARAU, AMUNISINEWS.CO.ID – PT Cita Mineral Investindo, Tbk (CMI) melalui Department Social Responsibility (CSR) terus berupaya membina dan mengedukasi kelompok binaan melalui program pengembangan dan pemberdayaan masyarakat (PPM). 19/01/2022.

Selain merupakan bentuk tanggung jawab sosial perusahaan program CSR CMI juga bertujuan mengedukasi dan membangun keterampilan di sektor pertanian kepada kelompok tani binaan yang berada di sekitar wilayah operasional.

Wujud nyata program tersebut yaitu memfasilitasi kelompok tani binaan untuk mengikuti pelatihan penggunaan traktor roda 4 yang berlokasi di kelompok tani binaan “Kabun Basar” Desa Air Upas.

Pelatihan keterampilan traktor roda 4 ini diikuti 60 peserta dari perwakilan Kelompok Tani Kabun Basar, Poktan Usaha Sejahtera, Poktan Sandah Betanggoi, Penyuluh dan siswa SMK 1 Marau dan SMK 1 Air Upas yang melakukan PKL di kelompok binaan CSR CMI serta dalam pelaksanaan pelatihannya melibatkan instruktur khusus yang dipandu serta didampingi langsung oleh petugas Penyuluh Pertanian Lapangan, Balai Penyuluh Pertanian Kecamatan Marau, Kabupaten Ketapang.

Agustinus M selaku Manager CSR CMI menyampaikan, terima kasih kepada Koordinator BPP Kecamatan Marau beserta jajaran penyuluhnya, seluruh perwakilan petani binaan dan siswa PKL wilayah operasional yang telah mendukung kegiatan pelatihan penggunaan traktor roda 4.

“Terima kasih kepada Bapak Subiantoro beserta jajaran penyuluhnya yang telah memberikan pendampingan serta pelatihan kepada kelompok-kelompok binaan di wilayah operasional kami tentunya. Kami dari CSR juga berterima kasih atas antusiasme para kelompok binaan yang telah mengikuti pelatihan ini, harapan kedepannya dengan adanya pelatihan ini penting untuk meningkatkan keterampilan petani, petani bisa lebih optimal menggunakan Alsintan, mulai dari olah tanah sampai panen untuk meningkatkan efisiensi dalam budidaya tanaman sehingga produksi dan produktivitas meningkat,” ungkap Agustinus M.

Sementara, Andi Agasi ketua Kelompok Tani Kabun Basar mengungkapkan rasa terima kasih kepada CMI yang telah memfasilitasi kelompoknya serta poktan lainnya dalam kegiatan pelatihan traktor roda 4. Ia mengatakan, bahwa pelatihan penggunaan traktor roda 4 ini sangat diinginkan terutama oleh kelompoknya.

“Kami berharap kedepannya kelompok tani binaan memiliki unit alsintan traktor roda 4 sendiri agar kedepannya lebih mempermudah pengolahan lahan pertanian kami” kata Andi Agasi.

Subiantoro selaku Koordinator BPP Kecamatan Marau menambahkan, bahwa dalam Pelatihan ini, petani mendapatkan pelatihan pengenalan fitur dan komponen traktor roda empat dan dilanjutkan praktik langsung di lapangan. Materi meliputi perawatan dan penggunaan alat. Dengan materi dan praktik yang dilakukan bisa diaplikasikan di lapangan.

“Alsintan merupakan aset yang sangat penting dalam sistem agribisnis, oleh karena itu diperlukan pelatihan untuk meningkatkan kemampuan petani dalam menggunakan alat pertanian modern lebih baik lagi dan merata bagi seluruh petani. Petani diharapkan menjadi lebih terbiasa dengan teknologi, sehingga pemanfaatan alat tersebut menjadi maksimal. Perkembangan teknologi mekanisasi pertanian sudah sangat pesat, sehingga mau tidak mau Gapoktan harus dapat memenuhi kebutuhan petani melalui pelayanan Alsintan,” tutup Subiantoro.

Pos terkait

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.